Senin, 25 Maret 2013

SISTEM PEMBAYARAN SAMSAT ONLINE


System
Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor secara Online
(e-SAMSAT)
PROPOSAL PROYEK


 Peninjauan dan Pemilihan Proyek

Nama Proyek Sistem Pembayaran Pajak Kendaran Bermotor Secara online (e-SAMSAT)


Tanggal:14 Juni 2011

Originator Proyek:
1.      StevanusPranoto (11130151)
2.      Darmawan Adi Santoso  (11130062)
3.      Syaipul Anwar (11130049)
4.       Oktavianto (11130029)



Job Desk:
System Analis
Web Designer
Programmer
IT Project Manager




Persetujuan Manajer Program:



Tanggal Persetujuan:

Tanggal:


Pengertian  e-SAMSAT
Saat ini perkembangan teknologi internet sudah mencapai perkembangan yang sangat pesat. Aplikasi internet sudah banyak digunakan untuk e-commerce dan berkembang juga kepada pemakaian aplikasi internet pada lingkungan pemerintahan yang dikenal dengan nama e-Government.
E SAMSAT adalah layanan pembayaran pajak electronic Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap atas pengesahan STNK tahunan dan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor serta SWDKLLJ ( Jasa Raharja ).

Pengertian lainnya bisa kita artikan sebuah bentuk atau model sistem yang berlandaskan pada kekuatan teknologi digital atau komputer yang berbasiskan teknologi informasi public web services .









Permasalahan/ KebutuhanLayanan:

Semakin banyak pengguna kendaraan bermotor dan semakin banyak pula wajib pajak yang harus membayar pajak atas kendaraan bermotor. Akibatnya, pelayanan kantor Sistem Administrasi Manunggaling Satu Atap (SAMSAT) terhadap wajib pajak juga semakin tinggi.
Dari permasalahan tersebut terbesitlah sebuah ide untuk membantu pemerintah daerah dalam hal ini Kantor SAMSAT dalam upaya untuk memberikan pelayanan yang optimal dan efficient terhadap masyarakat. Perkembangan teknologi informasi telah memberikan satu titik celah terhadap penyelesaian masalah tersebut.
Sistem Informasi Manajemen (SIM) berbasis online web services (eSAMSAT) menjadi salah satu Solusi.
Melalui proye kini akan dibangun suatu sistem yang dapat menyelesaikan masalah-masalah tersebut.Sistem ini diharapkan dapat menjadi solusi, sehingga   permasalahan pembayaran pajak Kendaraan Bermotor di Indonesia menjadi sistem yang terotomatisasi






Tujuan Proyek atau Hubungan dengan Tujuan dan Strategi Organisasi

Sistem e SAMSAT harus menjadi lebih baik karena tingkat pertumbuhan dan penggunaan kendaraan Bermotor di Indonesia semakin tahun semakin meningkat. sistem ini sangat dibutuhkan utuk menunjang kelancaran kegiatan pembayaran pajak Kendaraan Bermotor tanpa terganggu olehwaktu, antrian yang membludak dalam pembayaran diloket, praktek percaloan dan efesiens tenaga kerja sehingga masyarakat merasa dimudahkan, aman dan nyaman dalam melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor tanpa harus menghadapi kesulitan dan kemacetan.

  Gagasan Solusi atau Pendekatan Proyek

Untuk dapat mengotomatisasi sistem pembayaran pajak kendaraan bermotor, kita memerlukan identitas pengenal antara lain pemilik seperti KTP, dan Indentitas kendaraan yang diwajib kan atas Pajak.Permasalahannya sekarang ini pengecekan identitas pemilik dan kendaraannya masih dilakukan secara manual dengan cara pengecekan kecocokan antara BPKB dengan STNK.Oleh sebab itu kami menawarkan solusi pemecahan masalahnya dengan sistem pemabayaran pajak secara online (e-SAMSAT) ini yang berbasis Aplikasi java yang memiliki fitur sebagai berikut :
1.  Sistem informasi yang terdiri atas: waktu kapan kendaraan harus membayar pajaknya (masabelaku PKB/BBN-KB),nomor dan ciri – ciri kendaraan, serta identitas pemilik kendaraan KTP, STNK dan BPKB. Informasi tersebut sangat diperlukan untuk keakuratan data dan keamanan. Database ini dikelola oleh administrator,dalam hal ini yang bertindak sebagai administrator adalah petugas pajak staff pemerintah daerah setempat. Prosedur perolehan data yaitu dari Surat Ketetapan Pajak Derah PKB/BBN-KB dan SWDKLLJ yang memiliki kendaraan bermotor melakukan pembayaran pajak PKB/BBN-KB kendaraan akan mendeteksi identitas pemilik kendaraan (STNK).
2. Sistem penunjang keputusan. ketika wajib pajak akan melakukan pembayaran sistem ini akan mengecek keakuratan / kecocokan data yang telah tersimpan dalam database, ketika user / masyarakat masuk / login dengan  identitas kendaraan dan pemilik kendaraan.



   Hasil yang diharapkan

Melalui pelaksanaan proyek ini diharapkan:
·    Memberikan kemudahan pada setiap masyarakat dalam pembayaran PKB (Pajak Kendaraan Bermotor.
·         Meningkatnya pengguna teknologi informasi dalam pemberian pelayanan publik.
·         Tercapainya transparansi dalam proses pelayanan public.
·         Untuk meminimalisirkan keadaan yang sulit menjadi efisien.
·   Mengurangi antrian pada KB Samsat karena Wajib Pajak datang ke samsat hanya untuk proses pengesahan dan pengambilan nota pembayaran.
·         Peningkatan kinerja keamanan.
·         Mempercepat proses pengecekan data.

Keuntungan yang Didapat

Dengan adanya sistem ini, Pemerintah dan masyarakat lebih memfokuskan pelayanan public menggunakan tekhnologi Informasi


RESIKO:


Server crash atau Jaringan WAN down sehingga database tidak bisa diakses, dan kerusakan pada hadware server itu sendiri


JUSTIFIKASI

Dengan adanya sistem ini kinerja dari sistem iniakan menambah efektivitas waktu dan tenaga/ Staff .

PERTIMBANGAN ATAU KOMENTAR TAMBAHAN:

Sistem ini tidak memerlukan banyak Sumber Daya Manusia,  yang diperlukan hanya keamanan sebagai operator harian


  PERANGKAT LUNAK YANG DIGUNAKAN

·         Data Base Management system / DBMS:Msql         
·         Operating system : windows server / Linux
·         Program language yang digunakan: Java





Team pengajuProyekdanTugasnya:

1.      Oktavianto Sebagai IT Project Manager yang bertugasdanbertanggungjawab
-Mengembangkan dan mengelola work breakdown structure (WBS) proyek teknologi informasi.
-Mengembangkan atau memperbarui rencana proyek untuk proyek-proyek teknologi informasi          termasuk informasi seperti tujuan proyek, teknologi, sistem, spesifikasi informasi, jadwal, dll
-Menetapkan ,melaksanakan dan mengkordinasi secara lansung rencana komunikasi proyek
2.    Stevanus Pranoto sebagai System Analis bertugas menganalisa system yang akan diimplementasikan, mulai dari menganalisa system yang ada, kelebihan dan kekurangannya, sampai studi kelayakan dan desain system yang akan dikembangkan.
3.  Darmawan Adi Santoso Sebagai Web Designer yang bertugas melakukan kegiatan perencanaan, termasuk studi kelayakan, analisis dan desain terhadap suatu proyek pembuatan aplikasi berbasis web
4.  Syaipul Anwar Sebagai Programmer bertugas mengimplementasikan rancangan system analis, yaitu membuat program ( baik aplikasi maupun system operasi ) sesuai system yang dianalisa sebelumnya.

Key Project Indicator ;tranpanacy, recountability, reabilty and Informatif


Time frame of  Project
Kegiatan
Mingguke 1
Mingguke 2
Mingguke 3
Mingguke 4
MingguKe 5
























PersiapanPerancangan























PelakstanaanPembuatan























Pengujian Program























Solf Problem Program























Maintenance program
























Tidak ada komentar:

Poskan Komentar